Kamis, 29 September 2011

PELUANG BISNIS TIK DI INDONESIA

Setelah menjelaskan pengertian umum dari peranan TIK pada bidang bisnis pada posting sebelumnya, sekarang saya akan menjelaskan tentang berbagai peluang bisnis TIK di Indonesia yang mudah-mudahan bisa berguna bagi yang membaca.

Saat ini, perkembangan bisnis TIK di Indonesia sudah berkembang pesat. Peran teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian utama penentu gerak peradaban umat manusia. Bidang ekonomi, perdagangan, pertahanan keamanan, bidang sosial, dan pendidikan pun tidak ada satupun yang tidak tersentuh oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan teknologi informasi dan komunikasi, semua proses kerja dan konten akan ditransformasikan dari fisik dan statis menjadi digital, mobile, virtual dan personal. Akibatnya, kecepatan kinerja bisnis meningkat dengan cepat. Kecepatan proses meningkat sangat tajam di banyak aktivitas modern manusia.
Kondisi tersebut memberikan kesempatan yang luas bagi teknologi Informasi dan Komunikasi untuk berperan lebih luas. Ruang perkembangan yang sangat luas inilah yang memberikan kesempatan bagi seluruh warga negara, bahkan para Lulusan Jurusan Komputer ini untuk ikut berperan mengisinya.
Perkembangan TIK ini membawa pengaruh yang penting bagi perkembangan bisnis di Indonesia sehingga terdapat berbagai peluang bisnis TIK di Indonesia.

Adapun berbagai peluang bisnis yang dapat dilihat, yaitu E-commerce


Aktivitas E-commerce dunia berbasis web juga telah mencapai nilai yang tidak kalah besar. Sebagai gambaran lain tentang besarnya pasar dan aktivitas manusia yang telah terhubung dengan aktivitas e-commerce adalah statis jumlah pengguna internet di dunia dan gambaran kecepatan perkembangannya. E-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.


Yang kedua adalah bisnis aplikasi yang terdapat pada Facebook yaitu Easy Cash


Dimana cara kerja Easy Cash mirip paypal wishlist yaitu sistem pay per lead. Jadi Easy Cash akan membayar Anda apabila Anda berhasil mereferensikan program Easy Cash ini kepada orang lain. Komisi yang kita dapatkan adalah $1 saat join dan $0.01 per teman yang kita ajak bergabung. Minimum payout di Easy Cash adalah $5.Dimana pembayaran dilakukan tiap tanggal 1 & 16 setiap bulannya. Metode pembayaran yang digunakan adalah paypal.

Yang ketiga dapat dilihat juga bisnis jual pulsa murah semua operator dengan dukungan server yang selalu online 24 jam. 

Keuntungan yang Anda dapatkan adalah :
  • Pendaftaran GRATIS
  • Harga pulsa yang stabil dan selalu lebih murah dari harga pasaran.
  • Stock pulsa yang sangat banyak dan tidak pernah kosong.
  • Transaksi dan laporan (report) yang sangat cepat.
  • Transaksi penjualan setiap saat / 24 jam online.
  •  Tidak ada target penjualan.
  • Keanggotaan yang berlaku selamanya.
  • Dapat merekrut downline dan bebas menentukan sendiri selisih harga (pasif income), dll.


Yang keempat adalah bisnis Warung Internet (Warnet)


Kini, sudah terdapat banyak warnet dimana-mana dan ini menjadi usaha yang sangat berkembang dan sangat menguntungkan. Dengan adanya warnet, akan sangat berguna bagi masyarakat untuk berbagai keperluan, seperti misalnya browsing, chatting, game online, dll.

Yang kelima adalah bisnis Rental Komputer


Bisnis ini dapat dilakukan di sekitar lingkungan gedung sekolah atau kampus. Bisnis ini memudahkan pelajar atau mahasiswa yang tidak mempunyai komputer atau yang sedang tidak membawa laptopnya. Biasanya dalam bisnis ini juga terdapat jasa print dan ketik.

Yang keenam adalah bisnis Toko Komputer dan Aksesoris


Melihat begitu berkembangnya perkembangan teknologi komputer saat ini, banyak masyarakat yang berbondong-bondong ingin membeli model terbaru atau mengganti komputer atau aksesorisnya dengan model terbaru yang menjadi trend saat ini. Hal ini menjadi peluang bagi pengusaha yang ingin berbisnis Toko Komputer. Dan masih ada banyak lagi peluang bisnis TIK di Indonesia yang dapat dikembangkan dengan adanya perkembangan TIK sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar