Selasa, 01 Maret 2011

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI ANDROID


Pada post kali ini saya akan mengupas sedikit tentang android meskipun sudah banyak artikel-artikel yang ada, tapi rasanya agak kurang kalo saya sendiri tidak menuangkan pengetahuan saya tentang android di blog saya sendiri. haha. kita tahu bahwa android adalah system operasi baru yang open source. meskipun belum lama dari tahun peluncurannya, tapi aplikasi untuk sistem operasi android bisa dibilang sudah sangat banyak. OS android ini berbasis Linux yang khusus dipergunakan untuk ponsel, dikembangkan oleh Google bersama perusahaan-perusahaan lain yang tergabung ke dalam Open Handset Alliance (Intel, Nvidia, dan Texas Instrument) sejak tahun 2007.  Oleh karena berbasis Linux inilah, system ini bersifat open source atau dalam arti lain "gratis". Sejak tahun 2009, hingga saat ini, Google telah mengeluarkan 6 versi Android, versi android diberi nama-nama yang cukup unik yaitu nama makanan alasannya agar mudah diingat. Masing-masing versi diberi dengan nama-nama makanan sesuai urutan alphabet, seperti:  Cupcake, kamudian muncul versi selanjutnya dengan nama Donut, begitu seterusnya untuk Éclair, Froyo, dan Gingerbread diberi nama sesuai dengan urutan alphabet..
Berikut adalah penjelasan ringkas dari masing-masing versi Android :
Versi 1.1
Dirilis pada 9 Febuari 2009, perbedaan dengan versi sebelumnya adalah user interfacenya lebih baik dan perbaikan beberapa aplikasi standar, seperti pengelolaan pesan dan alarm.

Versi 1.5, Cupcake

Pada versi ini yang menonjol adalah adanya efek-efek  animasi, adanya fungsi rekam video serta fasilitas uploadnya ke situs YouTube.


Versi 1.6, Donut

Dirilis pada 15 September 2009, yaitu dengan adanya tambahan fasilitas koneksi jaringan terhadap CDMA dan EVDO dan juga dukungan WiFi.

Versi 2.0/2.1, Eclair

Rilis antara versi 2.0 ke 2.1 hanya berselang 1 bulan, yaitu Desember 2009 dan Januari 2010. Fitur tambahan pada versi ini adalah adanya dukungan terhadap Microsoft Exchange, modus layer sentuh, dan adanya wallpaper yang tampak hidup.

Versi 2.2, Froyo

Dirilis pada 20 Mei 2010, pada versi ini kinerja hardware terlihat lebih cepat, memungkinkan akses ke memory external, fitur WiFi yang memungkinkan dibuat menjadi hotspot, dan fungsi update otomatis ke Android Market.

Versi 3.0, Gingerbread

Rilis pada akhir 2010. Pada versi ini ada beberapa tambahan aplikasi, seperti: peningkatan fungsi copy paste, resolusi yang lebih besar, adanya toko musik online di Android Market.
Semoga ulasan ringkas versi android barusan bisa menambah pengetahuan kita tentang android dan bisa jadi panduan bagi yang mau menggunakan android. Meskipun kebanyakan dari kita pasti selalu menginginkan sesuatu yang  paling baru, tapi tidak ada salahnya kita memilih versi android mana yang memiliki kemampuan dan fitur yang pas dengan yang kita  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar